PENGEMBANGAN MATERI ELEKTRONIK UNTUK PENGAJARAN BAHASA
Oleh
Nur Asik
PENDAHULUAN
Istilah matri
elektronik (electronic materials) merujuk pada bergagai materi yang telah
diproses secara digital sehingga penggunanya
mampu mengaksesnya melalui sumber
tersendiri yang biasanya melalui
komputer. Penulis akan menguraikan tiga dimensi
materi elektronik utama yang
saling berhubungan yang telah terbukti
memberikan manfaat dalam pembelajaran
bahasa kedua yaitu : hypermedia, multimedia dan
communication media.
HYPERMEDIA
Hypermedia yang berasa dari istilah hypertext merujuk
kepada kapasitas untuk membuat hubungan (link) antara sejumlah bit informasi. Hubungan (link)
tersebut boleh :
v
Bagian dalam dari halaman yang sedang terbuka (seperti , “rolleover” yang membuat lebih
banyak informasi yang muncul ketika
curser digerakkan menuju sebuah kata yang sangat populer( hot word) atau icon; “pop- up” yang diaktifkan dengan cara mengklik satu icon
v
Antara elemen sebuah website khusus atau CD-ROM
(seperti dengan cara mengklik satu link dalam teks yng mengantar pembaca kehalaman berikutnya;
dengan mengklik menu sidebar atau
navigation bar untuk pindah kepada bagian lain dari sebuah situs.)
v
Antara satu situs dengan situs lain pada suatu jaringan (seperti; dengan mengklik satu icon
yang membawa kita kejaringan yang
saling berhubungan.
Link-link tersebut diatas menggambarkan asosiasi antara nodes (titik temu dua sistim) yang merupakan
potongan atau pecahan informasi.
MULTIMEDI
Sementara sejumlah node
dibatasi pada penggalan-penggalan teks yang terdiri atas :
v
Static test
v
Animated text
v
Sound
v
Voice
v
Still graphics (seperti; foto, illustrasi,
diagram, icons, peta, dan sebagainya)
v
Animated graphics
v
video
sekarang dapat memasuki berbagai media dan elemen-elemen multimedia ini dapat digabungkan dengan berbagai cara
dan dapat muncul secara otomatis atau diakses oleh para pembaca
yang melakukan pemilihan dengan bebas.
COMMUNICATION MEDIA
Dengan peningkatan penyebaran penggunaan
jaringan are lokan (local area networking/LAN) dan World Wide Web ,
komunikasi interpersonal telah menjadi
sebual faktor yang memiliki kekuatan
dalam pengembangan berbagai materi
elektronik. Penggunaan Akronim IT
(Information Technology) istilah dulu telah dikembangkan menjadi
ICT ( Information and Communication Technology)
Komunikasi dapat berbentuk :
v
e-mail
v
bulletin boards
v
discussion lists
v
chat rooms, icq, MUDs dan MOOs
v
Video conferencing
Interaksi
dapat berjalan dengan basis satu kesatu , satu ke banyak, atau banyak ke banyak
Semuanya dapat terjadi
pada waktu yang ril (synchronous)
atau dengan suatu penundaan /delay
(asynchronous)
MANFAAT BERBAGAI
SUMBER DIATAS TERHADAP PEMBELAJARAN
BAHASA
Dapat dikatakan bahwa semua sumber yang
tersebut diatas telah memberikan kontribusi terhadap
upaya pembelajaran bahasa dalam berbagai bentuk, tetapi seperempat
tahapan sekarang sedang berkembang dimana
diantara pilihan pilihan yang ada disatukan kedalam sebuah lingkungan belajar elektronik
yang terpadu, menghadapi tantangan
penting yang menghadang para
pengembang berbagai materi.
Pad bagian ini, penulis akan
mengajukan beberapa pertanyaan dasar berikut :
v
Apa yang
berbagai teori yang ada sekarang ini katakan mengenai belajar membaca
dan menulis daLam bahasa kedua ?
v
Kontribusi apa yang materi pengajaran
elektronik berikan terhadap proses belajar ?
v
Pandangan apa yang kontribusi tersebut
siapkan bagi pengembang
materi ajar ?
Pertama-tama
mari kita melihat bagimana bahan
elektronik dapat meningkatkan pengalaman
belajar membaca dalam bahasa kedua.
Kemudian kita akan melihat
bagaimana materi tersebut dapat
mendukung pembelajaran menulis bahasa kedua. Akhirnya kita akan
melihat bagaimana pengembang materi
menciptakan lingkungan belajar
yang mengintergrasikan seluruh atribut
materi elektronik yang teah didiskusikan sebelumnya. Singkatnya seluruh issu
akan diangkat sejalan dengan arah
kedepan pengembangan materi elektronik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar