Senin, 10 September 2012



PENGEMBANGAN  MATERI ELEKTRONIK  UNTUK PENGAJARAN BAHASA

Oleh
Nur Asik

 PENDAHULUAN

    Istilah matri elektronik (electronic materials) merujuk pada bergagai materi yang telah diproses secara digital sehingga penggunanya  mampu mengaksesnya  melalui  sumber    tersendiri  yang biasanya melalui komputer. Penulis akan menguraikan tiga dimensi  materi elektronik  utama yang saling berhubungan yang telah terbukti  memberikan manfaat  dalam pembelajaran bahasa kedua yaitu : hypermedia, multimedia dan  communication media.

HYPERMEDIA
Hypermedia yang berasa dari istilah hypertext merujuk kepada  kapasitas  untuk membuat hubungan (link) antara  sejumlah bit informasi. Hubungan (link) tersebut boleh :
v  Bagian dalam dari halaman yang  sedang terbuka  (seperti , “rolleover” yang membuat lebih banyak informasi yang muncul ketika  curser digerakkan menuju sebuah kata yang sangat populer( hot word)  atau icon; “pop- up” yang diaktifkan  dengan cara mengklik  satu icon
v  Antara elemen sebuah website khusus atau CD-ROM (seperti dengan cara mengklik satu link dalam teks  yng mengantar pembaca kehalaman berikutnya; dengan  mengklik menu sidebar atau navigation bar untuk pindah kepada bagian lain dari sebuah situs.)
v  Antara satu situs  dengan situs lain  pada suatu jaringan (seperti;  dengan mengklik  satu icon  yang membawa  kita kejaringan yang saling berhubungan.
Link-link tersebut diatas menggambarkan asosiasi antara  nodes (titik temu dua sistim) yang merupakan potongan atau pecahan  informasi.

MULTIMEDI

 Sementara  sejumlah node  dibatasi pada penggalan-penggalan   teks yang terdiri atas : 
v  Static test
v  Animated text
v  Sound
v  Voice
v  Still graphics (seperti; foto, illustrasi, diagram, icons, peta, dan sebagainya)
v  Animated graphics
v  video
      sekarang   dapat memasuki berbagai  media dan elemen-elemen multimedia  ini dapat digabungkan dengan berbagai cara dan dapat muncul secara otomatis atau diakses oleh  para pembaca  yang melakukan  pemilihan  dengan bebas.

COMMUNICATION MEDIA

    Dengan peningkatan penyebaran penggunaan jaringan are lokan (local area networking/LAN) dan World Wide Web , komunikasi  interpersonal telah menjadi sebual faktor  yang memiliki kekuatan dalam  pengembangan berbagai materi elektronik. Penggunaan Akronim  IT (Information Technology) istilah dulu telah dikembangkan  menjadi  ICT ( Information and Communication Technology)
Komunikasi   dapat berbentuk :
v  e-mail
v  bulletin boards
v  discussion lists
v  chat rooms, icq, MUDs dan MOOs
v  Video conferencing
Interaksi dapat  berjalan dengan basis satu  kesatu , satu ke banyak,  atau banyak ke banyak
Semuanya  dapat terjadi  pada waktu yang  ril (synchronous) atau  dengan suatu penundaan /delay (asynchronous)

MANFAAT  BERBAGAI SUMBER DIATAS TERHADAP  PEMBELAJARAN BAHASA

      Dapat dikatakan bahwa semua sumber yang tersebut  diatas  telah memberikan kontribusi  terhadap  upaya pembelajaran  bahasa  dalam berbagai bentuk, tetapi seperempat tahapan sekarang sedang berkembang dimana  diantara pilihan pilihan yang ada disatukan kedalam  sebuah lingkungan belajar  elektronik  yang  terpadu, menghadapi  tantangan  penting  yang menghadang para pengembang berbagai materi.
      Pad bagian ini, penulis akan mengajukan  beberapa pertanyaan  dasar berikut :
v  Apa yang  berbagai teori yang ada sekarang ini katakan mengenai belajar membaca dan  menulis daLam bahasa kedua ?
v  Kontribusi apa yang materi pengajaran elektronik  berikan terhadap proses  belajar ?
v  Pandangan apa yang kontribusi  tersebut  siapkan  bagi pengembang materi  ajar ?
Pertama-tama mari kita melihat bagimana  bahan elektronik dapat meningkatkan  pengalaman belajar membaca  dalam bahasa kedua. Kemudian kita akan melihat  bagaimana  materi tersebut dapat mendukung  pembelajaran  menulis bahasa kedua. Akhirnya kita akan melihat bagaimana pengembang materi  menciptakan  lingkungan belajar yang  mengintergrasikan seluruh  atribut  materi  elektronik yang  teah didiskusikan sebelumnya. Singkatnya  seluruh issu  akan diangkat sejalan dengan  arah kedepan  pengembangan materi  elektronik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar